beranda

Selasa, 05 Februari 2013

Transformasi Objek 3D

           Pada grafika komputer, sistem koordinat suatu objek dapat di transformasi. Transformasi ini memungkinkan terjadinya perpindahan posisi suatu objek tanpa harus membuat model objek yang baru. Jenis-jenis transformasi yang sering digunakan pada grafika komputer dibagi menjadi 3 macam, yaitu translasi, rotasi, dan skalasi.
A.    Translasi (Translation)
Translasi merupakan bentuk transformasi yang memindahkan posisi suatu objek, baik pada sumbu x, sumbu y, atau sumbu z. Fungsi yang digunakan untuk melakukan translasi adalah :
glTranslatef(Tx, Ty, Tz)
glTranslated(Tx, Ty, Tz)
Parameter Tx digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu x. Parameter Ty digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu y. Sedangkan parameter Tz digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu z (berlaku pada model 3D).

B.     Rotasi (Rotation)
Rotasi merupakan bentuk transformasi yang digunakan untuk memutar posisi suatu benda. Fungsi yang digunakan untuk melakukan rotasi ialah :
glRotatef(θ, Rx, Ry, Rz)
glRotated(θ, Rx, Ry, Rz)
Parameter yang dibutuhkan pada fungsi tersebut ada 4 macam, yaitu parameter θ untuk besar sudut putaran, parameter Rx untuk putaran berdasarkan sumbu x, parameter Ry untuk putaran berdasarkan sumbu y, dan parameter Rz untuk putaran berdasarkan sumbu z. Jika parameter θ bernilai postif, maka objek akan diputar berlawanan arah jarum jam. Sedangkan jika parameter θ bernilai negatif, maka objek akan diputar searah jarum jam.
C.    Skalasi (Scaling)
Skalasi merupakan bentuk transformasi yang dapat mengubah ukuran(besar-kecil) suatu objek. Fungsi yang digunakan untuk melakukan skalasi ialah :
glScalef(Sx, Sy, Sz)
glScaled(Sx, Sy, Sz)
Perubahan ukuran suatu objek diperoleh dengan mengalikan semua titik atau atau vertex pada objek dengan faktor skala pada masing-masing sumbu (parameter Sx untuk sumbu x, Sy untuk sumbu y, dan Sz untuk sumbu z).
TRANSFORMASI
Transformasi merupakan suatu metode untuk mengubah lokasi suatu titik pembentukobjek, sehingga objek tersebut mengalami perubahan. Perubahan objek dengan mengubahkoordinat dan ukuran suatu objek disebut dengan transformasi geometri. Dalam Transformasi dasar yang akan dibahas meliputi translasi, skala, dan rotasi.
1.      Translasi
Translasi berarti memindahkan objek sepanjang garis lurus dari suatu lokasi koordinattertentu kelokasi yang lain tanpa mengubah bentuk objek. Bila suatu objek terbentuk daribeberapa titik maka bila melakukan translasi akan dikenakan terhadap setiap titikpembentuk objek tersebut. Untuk melakukan translasi dapat menggunakan rumus:
x’ = x + tx
y’ = y + ty

Membuat Objek menggunakan 3D MAX.

Untuk membuat character ikan dengan 3D max menggunakan silinder, kemudian silinder dipipihkan dengan menggunakan tool "Scale"
dan kemudian dipipihkan hingga seperti ini
 

setelah di pipihkan ujungnya, ujungnya dipipihkan (diruncingkan) dengan tool "scale" prosesnya hampir sama. klo benar hasilnya seperti ini.
kemudian membuat 1 buah Bundaran (sebagai mata) dan 1 buah box (sebagai mulut) dan ditata.
setelah itu badan ikan yang sebelumnya di copy(digandakan), ikan copyan ini kemudian bagian yang lancipnya dipotong dengan membuat box (ditindih), dengan cara Create >>COMPOUND>>BOOLEAN (di crop). kemudian bagian belakang di edit menggunakan VERTEX dan dibentuk sedemikian rupa menjadi sirip. nah sirip tadi di copy, kemudian 1 disambung ke bagian belakang ikan yang kedua disambung ke bagian badan ikan. klo benar hasilnya

 

setelah itu 3 bagian sirip tadi bagian paling ujung di edit menggunakan Edit-mesh kemudian pilih vertex. setelah muncul vertex sirip tadi dihaluskan.
1 buah ikan telah jadi, tapi belum realistis, untuk itu kita kembali menggunakan MATERIAL, prosesnya hampir sama dengan metode dalam pembuatan cangkir sebelumnya
(Liad archive saya)
kemudian saya mencari material bergambar sirip, dan menemukan 2 buah, yang besar untuk badan dan yang kecil untuk sirip.
 

untuk badan
untuk sirip

setelah digabung hasilnya akan menjadi seperti ini





Sumber: 
http://infotech-high.blogspot.com/2009_10_01_archive.html