beranda

Rabu, 13 November 2013

Kiat - Kiat Mempersiakan Skripsi


Assalamualaikum wr wb

Dalam kesempatan tulisan ini saya akan sharing tentang  bagaimana kiat-kiat mempersiapkan skripsi menurut  versi saya sendiri. Kalau berbicara skripsi mungkin yang ada dipikiran kita pasti sulit, ribet, penuh tekanan dan dll. Semua itu sebernarnya hanya mainsheet jelek kita saja, sebernya skripsi itu tidak seburuk yang kita pikirkan, menurut saya musuh terberat kita adalah diri sendiri melawan rasa malas untuk mengerjakan skripsi, karena kalau sudah penyakit itu muncul maka proses pengerjaanya akan tertunda bukan karena kita tidak bisa melainkan karena kita malas, hal ini yang paling berat bagi seorang mahasiswa untuk cepat menyelesesaikan skripsinya, atau mereka yang sudah bekerja tidak sempat mengerjakan skripsi dengan alasan bekerja. Semua itu hanya keinginan nafsu kita yang akan menjadi penghalang untuk tidak menyelesaikan skripsi tepat waktu, Pahami latar belakang atau alasan anda memilih judul skripsi. kebanyakan penguji sidang pasti menanyakan ini. Tiga dari tiga penguji (maksudnya semuanya) menanyakan pertanyaan ini pada saya waktu sidang PI kemarin. Karena  saya sudah mengerti,jadi biasa aja. Buat setiap alasan anda logis atau mempunyai referensi, kalau perlu tunjukan referensi atau bukti logis lainya. Betul sekali, skripsi itu seperti karya ilmiah. Kemukakan pedapat anda dengan urut dan logis. Jangan membuat penguji sidang skripsi anda mengerutkan jidat sambil melihat pandangan aneh ke anda.
           
        Lalu, bagaimana hal-hal diatas tadi yang saya sebutkan bisa dhandle? Bisa bekerja tapi skripsi tepat waktu dan melawan rasa mala itu untuk mengerjakan skripsi. Menurut pendapat saya kita harus mempunyai prioritas dalam mentargetkan sesuatu, sebagai contoh kalau kita sedang bekerja dan sedang menyelesaikan skripsi, yang harus didahulukan adalah jika ingin selese skripsi harus focus dengan skripsi dengan cara mengerjakan setiap langkah-langkah yang diberitahukan oleh Dosen Pembimbing. memang nantinya kerjaan kantor akan tidak terselesaikan tetapi itu pilihan agar kita dapat menyelesaikan skripsi dengan tapat waktu dan tidak berlama-lama, harus ada salah satu yang didahulukan kepentinganya dalam mengerjakan. Lalu bagaimana dengan rasa malas, memang melawan malas ini agak sulit, menurut saya jurus yang paling jitu melawan malas ini adalah kita selalu ingat saja akan orangtua yang sudah susah payah membiayai kita kuliah dan pikirkan kita harus membahagaiakan orangtua kita, insyaalah akan hilang rasa malas itu karena rasa malas itu hanya pikiran otak kita saja, bila kita memikirkan hal yang baik maka pikiran rasa malas itu akan hilang.  Pastinya selalu dengarkan apa yangdiarahakan oleh Dosen kita.
sekian persiapan sidang skripsi yang bisa saya sampaikan mungkin ini bisa membantu teman-teman dan untuk saya sendiri untuk menghadapi sidang skripsi supaya lancar di semester depan (amin ya allah). dan apabila ada kesalahan penyampain dan kekurangan dalam informasi mohon dimaafkan, 

wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar